Pemdes Darmakradenan menyiapkan fasilitas cuci tangan dan sabun untuk setiap warga yang datang, di depan kantor desa. Tampak perangkat desa sedang mengisi ulang air.

DARMAKRADENAN- Pemerintah Desa Darmakradenan bergerak cepat antisipasi merebaknya virus corona (Covid -19). Hal ini sekaligus merespon himbauan Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein yang diteruskan Camat Ajibarang, Eko Heru Surono.

“Pemdes Darmakradenan memanfaatkan teknologi, melalui website desa. Warga Darma bisa langsung lapor online, tinggal klik link ‘Lapor’ di website desa,” kata Kepala Desa, Imam WS.

Lebih detil, Warga bisa membuka website darmakradenan.desa.id. Selanjutnya, klik menu ‘layanan’, dilanjutkan klik sub menu ‘Lapor’. Maka akan muncul form isian untuk aktif melaporkan sesama warga Darmakradenan.

“Lapor ini secara umum untuk mendata, siapa saja warga yang datang dari wilayah terpapar corona. Ada nama, asal daerah, terus tinggal sekarang di darma, sama status sehat/tidak,” kata Imam menambahkan.

Sekretaris Desa, Ahmad Miftah mengatakan, langkah ini untuk mendorang peran aktif masyarakat. Dalam kondisi darurat seperti ini, butuh solusi dan langkah cepat, tanpa harus bertemu. Sebagaimana standar kesehatan WHO, supaya meminimalisir pertemuan.

“Kuncinya memang menumbuhkan kesadaran dan peran aktif masyarakat. Bagaimana, masyarakat berfikir tidak hanya untuk dirinya, tapi juga untuk desa Darma,” kata Miftah.

Dia mengatakan, sampai Senin (23/3) pukul 10.48 sudah masuk data 37 orang. Dimana, dari data tersebut Pemdes Darmakradenan bisa tahu jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) dan tinggalnya dimana. Selanjutnya, rekap lapor warga juga sudah langsung di share link ke Forkompincam.

“Dalam bahasa lain, Forkompincam bisa live update report jumlah warga yang diduga ODP. Karena, terutama yang kita minta lapor adalah warga yang datang dari Jakarta dan wilayah terpapar corona,” tegas Miftah lagi. (admin)

Klik saja di link Lapor : https://darmakradenan.desa.id/lapor

Bagikan Berita