Pilih Laman
Jam’iyah NU Gelar Tradisi Ziarah Kubur Jelang Ramadhan

Jam’iyah NU Gelar Tradisi Ziarah Kubur Jelang Ramadhan

DARMAKRADENAN- Jam’iyah NU Ranting Darmakradenan menggelar ziarah kubur bulan Sya’ban menjelang Ramadhan 1443 H yang dipusatkan di pemakaman umum RW 07 Grumbul Darma Wetankali, Desa Darmakradenan Ajibarang, Banyumas. Jum’at sore (01/04/22).

Selain menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, ziarah dan do’a bersama bertujuan untuk bersama-sama birrul walidain atau berbakti kepada orang tua dengan hal yang baik, salah satunya mendo’akan orang tua yang sudah meninggal dunia. Hal tersebut dikatakan Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Ranting Darmakradenan Ustadz Maghfurozi saat ditemui dilokasi.

Lebih lanjut Maghfurozi menjelaskan, selain kepada orang tua, ziarah dan do’a bersama juga untuk para leluhur dan juga para tokoh terdahulu di Darmakradenan yang sudah meninggal, agar mendapat ampunan, tentunya maghfiroh dari Alloh SWT.

“Kita bersama-sama berd’oa kepada Alloh SWT, dengan tahlil dan bacaan surat Yasin agar para leluhur dan orang tua kita mendapatkan maghfiroh dari Alloh SWT,” kata Ustadz alumni Ponpes API Tegal Rejo ini.

Dia juga berharap dengan kegiatan tersebut di bulan Ramadhan nantinya semua warga masyarakat Desa Darmakradenan senantiasa selalu diberi kesehatan, keberkahan, keistiqomahan, untuk melaksanakan kewajiban dan juga menjalankan sunnah yang sudah diperintahkan Allah SWT.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Desa Darmakradenan KH.Imam WS, Mustasyar NU Ranting Darmakradenan K.Ahmad Ansori, Ketua Tanfidziyah NU Paidi S.Pd, Ansor- Banser, Ketua Fatayat NU Ranting Dina Rohmiati S,Pd, Muslimat dan ratusan masyarakat desa setempat.

Acara dibuka oleh Ketua Tanfidziah NU Ranting Darmakradenan Paidi S.Pd, sementara Tahlil dan do’a bersama dipimpin oleh Mustasyar NU Ranting Darmakradenan K.Ahmad Ansori.

Pantauan darmakradenan.desa.id warga dari berbagai tempat di Desa Darmakradenan juga melakukan tradisi ziarah kubur, dengan mendatangi pemakaman umum grumbul setempat, diantaranya di RW 05 Grumbul Cigebang, RW 04 Karang Pucung, RW 08 Cipecang, dan RW 10 Grumbul Kalibeber.

Realisasi APBDesa Tahun Anggaran 2021, Desa Darmakradenan

Realisasi APBDesa Tahun Anggaran 2021, Desa Darmakradenan

DARMAKRADENAN- Transparansi publik tentang pengelolaan keuangan desa terkait Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Tahun Anggaran 2021. dan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Tahun Anggaran 2022.

Transparansi dan akuntabilitas anggaran desa merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan Desa yang lebih baik. Sebagai bentuk transparansi tentang pengelolaan APBDesa, Pemdes Darmakradenan berupaya mensosialisasikan realisasi APBDesa Tahun Anggaran 2021 dan APBDes Tahun Anggaran 2022 melalui web yang beralamat di darmakradenan.desa.id dalam bentuk infografis.

Baca Juga  : APBDesa Tahun Anggaran 2022

Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa TA 2021 tercantum dalam Peraturan Desa Nomor 01 tahun 2022 yang sudah ditandatangani dalam nota kesepakatan dengan Badan Permusyawarat Desa (BPD) Desa Darmakradenan pada Senin, 04 Maret 2022.

Pada pertengahan bulan Maret 2022 Desa Darmakradenan selesai dalam membuat dua laporan yaitu pertama membuat Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LPPD) untuk Bupati Banyumas melaui Camat Ajibarang, dan yang kedua membuat Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKKPD) diberikan kepada Badan Permusyawaratan Desa, Desa Darmakradenan.

Demokratis, Pemilihan Ketua RW 08 Tanpa Politik Uang

Demokratis, Pemilihan Ketua RW 08 Tanpa Politik Uang

Darmakradenan– Sebanyak 90 warga di Grumbul Cipecang RW 08 Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang, Banyumas, antusias mengikuti pemilihan ketua RW 08 secara langsung di Gedung Sekretariat Stan Ampera desa setempat, Senin (28/03/2022) malam.

Dalam pemilihan ketua RW 08 itu berlangsung demokratis dan terbebas dari praktik politik uang. Berdasarkan informasi yang dihimpun darmakradenan.desa.id, pemilihan ketua RW 08 diikuti sepuluh calon, yakni masing- masing ketua RT yang ada di RW setempat.

Sepuluh calon tersebut bersaing meraih suara sebanyak-banyaknya di RW 08. Pemilihan ketua RW 08 digelar menyusul sudah rampungnya kepemimpinan Khanafi dengan masa bhakti 15 tahun terakhir. Pemilihan ketua RW berlangsung pukul 20.00 WIB-21.30 WIB. Sebanyak 90 orang menggunakan hak pilihnya.

Dari jumlah 90 orang tersebut, sebanyak 58 orang memilih Burhanudin Arobbani, sebanyak 27 orang memilih Nur Khamim, 2 orang memilih Wasroh, 1 orang memilih Solikhin, 1 orang lagi memilih Yudi, dan 1 orang memilih Ahmad Sukirno, sementara yang lainnya nihil. Jumlah suara sah mencapai 90 suara.

“Antusias warga dalam menggunakan hak pilih sangat tinggi, pelaksanaan pemilihan berlangsung demokratis dan tak ada praktik politik uang,” kata salah satu pemilih yang tak mau disebut namanya kepada darmakradenan.desa.id, Senin (28/03/2022) malam.

Lebih lanjut salah satu pemilih yang tak mau disebut namanya mengatakan keberadaan ketua RW dan ketua RT memiliki peran penting. Melalui pemilihan yang demokratis, diharapkan kepemimpinan tokoh masyarakat terpilih dapat berkontribusi optimal terhadap kemajuan lingkungan yang dipimpinnya.

Warga RW 08 Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang saat menyayikan lagu Indonesia Raya sebelum pemilihan Ketua RW

Dalam berita acara pemilihan ketua RW 08 yang ditandatangani ketua panitia pemilihan ketua RW 08, Khanafi menyebutkan jumlah pemilih yang ada di RW setempat sebenarnya mencapai 100 orang. Jumlah pengguna suara mencapai 90 orang. Jumlah warga yang tak menggunakan hak suara 10 orang.

“Jumlah suara sah mencapai 90 suara dan suara tidak digunakan 10 suara. Berdasarkan hasil penghitungan suara maka ditetapkan Burhanudin Arrobani sebagai ketua RW 08 terpilih,” kata Khanafi.

Alhamdulillah, Penyandang Disabilitas Menerima Kursi Roda

Alhamdulillah, Penyandang Disabilitas Menerima Kursi Roda

DARMAKRADENAN – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Dapil Jawa Tengah, Casytha Arriwi Kathmandu menyerahkan bantuan kursi roda melalui Asisten Mentor Partai PDI Perjuangan Banyumas kepada Dika Prasetya (12) warga RT 003 RW 010 Desa Darmakradenan, Ajibarang, Banyumas, Senin (28/03/22).

Kegiatan ini bersinergi dengan Pemerintahan Desa Darmakradenan dan juga warga pekerja sosial melaksanakan kegiatan menyerahkan bantuan yang disesuaikan dengan kondisi umur penyandang disabilitas.

Asisten Mentor, Nanang mengatakan kegiatan kali ini masih menyasar usia produktif penyandang disabilitas, dan untuk penyandang disabilitas bagi lansia belum bisa diberikan, pihaknya masih menunggu program selanjutnya.

“Sementara yang bisa disalurkan bantuan diprioritaskan bagi usia produktif, kami berharap bantuan kursi roda tersebut agar bermanfaat meringankan beban penderita disabilitas. Sehingga menambah semangat untuk beraktivitas di rumahnya,” kata Nanang didampingi pekerja sosial komunitas juang Banyumas asal Darmakradenan Zulfa Muzaki.

“Saya harapkan dengan adanya kursi roda ini mobilitas Dika lebih mudah, misalnya apabila ingin berobat tidak perlu lagi digotong oleh banyak orang atau mungkin bisa digunakan untuk berjemur di pagi hari,” tambahnya.

Pekerja sosial lain Kristianto mengatakan pengajuan untuk penyandang disabilitas bagi usia produktif dan lansia di Darmakradenan sejumlah 4 orang. “Kami berupaya untuk pengajuan korsi roda sebanyak 4 unit, namun baru 1 yang menerima, Insya Alloh kami akan berupaya agar penyandang disabilitas yang lainnya bisa mendapatkan,” tuturnya saat dihubungi melalui media elektronik.

Dika Prasetya anak dari pasangan Suhid dan Sumirah terlihat sangat antusias saat mencoba duduk di kursi roda. Hal ini terlihat ketika ibunya meminta untuk turun dari kursi roda, Dika menolak dan ingin duduk lebih lama dikursi roda, raut mukanya juga terlihat gembira.

Di akhir kunjungan, keluarga melalui Kepala Dusun III Suyanto mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan, dan juga atas respon cepat permohonan bantuan dari para pekerja sosial untuk para warganya.”mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat digunakan dengan baik dan yang belum menerima semoga cepat mendapatkan,”harapnya.

Panitia P3D Darmakradenan Resmi Dilantik

Panitia P3D Darmakradenan Resmi Dilantik

DARMAKRADENAN- Pelantikan Panitia Penjaringan Perangkat Desa (P3D) dilaksanakan di Aula Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Rabu (23/03/2022).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Camat Ajibarang Parsono M.Sos.,M.Si yang diwakili Sekcam Ajibarang Drs. Seksianto, Kasi Pemerintahan Kecamatan Ajibarang Isna Maulidia, Kepala Desa Darmakradenan Imam WS, Serda Saifuloh selaku Babinsa, Aipti Basuki Rahmat selaku Bhabinkamtimas, Suwardi selaku BPD dan para ketua RW serta lembaga kemasyarakatan desa lainnya.

Kepala Desa Darmakradenan Imam WS usai mengambil sumpah dalam sambutannya mengucapkan selamat bagi para panitia P3D yang sudah dilantik, apa yang sudah diucapkan dalam pengambilan sumpah oleh panitia tersebut harus benar-benar dijalankan dengan sebaik-baiknya, lebih lanjut Kepala Desa mengatakan tahapan-tahapan yang sudah disiapkan untuk segera dikoordinasikan dengan tim fasilitator kecamatan dari awal hingga akhir pelaksanaan.

“Semoga kegiatan Penjaringan Perangkat Desa di Desa Darmakradenan berjalan Lancar, dan dapat menjaring peserta yang sesuai kebutuhan Desa, dan menjalankan aturan yang berlaku, berharap P3D mendapat peserta generasi terbaik dari yang terbaik”, harapnya.

Pada kesempatan tersebut Sekcam Ajibarang Seksianto menyampaikan, dengan dilantiknya panitia P3D pada hari ini dangan ikrar sumpah janji dan pakta integritas panitia adalah suatu bentuk tanggung jawab moral, apa yang menjadi pesan dalam aturan penjaringan perangkat harus selalu dijaga.

“Laksanakan asas-asas regulasi yang ada dengan penuh kehati-hatian serta penuh tanggung jawab, ada 16 uraian yang sudah menjadi tugas panitia, itu juga harus dijalankan dengan baik, selanjutnya peraturan Bupati tentang pengisian perangkat desa juga harus benar-benar dipelajari,”terangnya.

Adapun penjaringan dan penyaringan Perangkat Desa tahun 2022 untuk mengisi formasi Kepala Dusun (Kadus) III kewilayahan RW 04 Grumbul Karang Pucung dan RW 05 Grumbul Cigebang yang akan pari purna pada bulan mei 2022 mendatang.

APBDesa Tahun Anggaran 2022 Desa Darmakradenan

APBDesa Tahun Anggaran 2022 Desa Darmakradenan

Peraturan Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Nomor 06 Tahun 2021 tentang  Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2022 (Berita Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun 2021 nomor 06)

Pemdes Diminta Optimalkan Media Sosial

Pemdes Diminta Optimalkan Media Sosial

AJIBARANG- Untuk menunjang performa dan kinerja organisasi, pemerintah desa diharapkan mengoptimalkan media sosial. Pasalnya media sosial dinilai efektif untuk publikasi hingga komunikasi dengan publik.

Analis Konten Media Sosial Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Banyumas menegaskan hal itu saat Pelatihan Jurnalistik Singkat, Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Anggit Pamungkas, Kamis (12/11).

Optimalisasi media sosial dinilai penting sebagai bentuk transparansi dan keterbukaan pemerintah desa kepada masyarakat. “Media sosial seperti instagram milik pemerintah khususnya desa memang perlu terus dioptimalkan. Contohnya misalnya kenapa sekelas performa media sosial pemerintah cukup sedikit followernya (pengikutnya, red),” katanya.

Untuk mengoptimalisasikan hal ini, kata Anggit, peran dari pemerintah desa bersama masyarakat yang paham dan menguasai pengelolaan media sosial sangat diperlukan. Makanya pelatihan dan pendalaman pengetahuan tentang optimalisasi media sosial harus diintensifkan.

“Jadi kemampuan jurnalistik hingga pengelolaan media sosial yang diperankan oleh pemerintah bersama masyarakat misalkan melalui tim informasi desa ini harus terus ditingkatkan. Mengingat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini terbilang cukup pesat,” ujarnya.

Kepala Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Imam Wasingun mengatakan pemberdayaan di bidang teknologi komunikasi dan informasi untuk mendorong keterbukaan informasi publik serta promosi potensi. Apalagi saat ini Desa Darmakradenan sedang mengembangkan desa wisata.

“Selain penyiapan sarana prasarana untuk wisata dan sistem informasi desa ini, kita juga dorong untuk penyiapan sumber daya manusia pengelola wisata terutama pengelolaan media sosial. Selain pelatihan singkat ini, kita juga akan adakan pelatihan lanjutan termasuk praktik langsung pengelolaan media sosial,” jelasnya.

963 Warga Darma, Terima KKS. Apa itu?

963 Warga Darma, Terima KKS. Apa itu?

Darmakradenan.desa.id– Sebanyak 963 warga Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Rabu (29/4) di balai desa setempat.

Lalu apa itu KKS? “Nama formalnya Kartu Keluarga Sejahtera Covid-19. Tapi sederhananya ini bantuan dari pemerintah sama persis dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang sebelumnya sudah berjalan,” kata Kepala Desa Darmakradenan Imam WS.

KKS ini sifatnya tambahan dari penerima BPNT yang sebelumnya (reguler). Adapun leading sector di pemerintah pusatnya adalah Kementerian Sosial (Kemensos). Bertindak sebagai lembaga mitra penyalur adalah Bank Mandiri.

“Dalam skema nasional ini yang disebut Presiden Jokowi sebagai jaring pengaman sosial. Seperti BPNT, penerima KKS akan dapat paket sembako senilai 200 ribu selama April-Desember mendatang,” jelas Imam lagi.

Pemdes, kata Imam hanya sebatas memfasilitasi pembagian kartu. Termasuk didalamnya mengundang masyarakat penerima berdasarkan daftar dari Kemensos. Soal siapa penerima dan kriteria detil murni Kemensos dengan Based Data Terpadu (BDT).

“Mohon tidak perlu ada prasangka buruk, terutama maaf bagi yang tidak menerima tapi merasa butuh. Dari jumlah tertera, kemarin ada yang tidak terambil dan itu kembali dibawa Mandiri. Sekali lagi ini di luar kewenangan desa,” jelas Imam.

Bicara program sosial, Imam menyebut selain BPNT dan KKS sudah ada juga PKH sebanyak 716 orang. Selanjutnya direncanakan ada juga bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa. Sebagaimana amanat pemerintah untuk menangani dampak covid 19.

“Semoga segala ikhtiar pemerintah ini berdampak langsung pada kebutuhan masyarakat. Terus waspada tanpa panik. Ikuti anjuran pemerintah, dawuh kyai dan ulama juga terus berdoa. Insyaallah corona ilang, urip lan ngibadah tenang,” katanya lagi.

Kondisi Wabah Corona,  Begini Pelantikan BPD Darmakradenan

Kondisi Wabah Corona, Begini Pelantikan BPD Darmakradenan

Darmakradenan– Sepanjang sejarah Desa Darmakradenan tampaknya baru kali ini pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berlangsung berbeda. Pasalnya, pelantikan berlangsung secara online (daring) dan serentak bersama 15 Desa se Kecamatan Ajibarang.

“Alhamdulillah BPD sudah dilantik. Karena sedang wabah corona jadi pelantikan oleh Camat Ajibarang live melalui teleconfrence. Mungkin ini pertama kali baru pernah,” kata Kepala Desa Imam WS.

Melalui sambungan teleconference, Camat Ajibarang Eko Heru Surono, S.Sos. menyampaikan sejumlah amanat. Terkhusus soal wabah pandemi corona di Ajibarang. Salah satunya soal jumlah pemudik Ajibarang yang mencapai hampir 2.000.

Eko Heru Surono, S.Sos. selaku Camat Ajibarang saat pengambilan sumpah janji BPD se Kecamatan Ajibarang melalui teleconfrence, Rabu (08/04/2020). (Foto: Miftah Ahmad untuk darmakradenan.desa.id)

“Pertama saya minta semua aparat untuk waspada karena sedang ada wabah corona. Kedua mohon kerjasama saling mengawasi terutama jumlah pemudik Ajibarang yang mencapai 1.800an dan terus bergerak menuju 2.000,” katanya.

Gugus tugas hingga RT/RW juga diminta bertindak maksimal. “Kita ini harus saling menjaga mengingatkan. Bukan saling curiga. Satgas dan gugus tugas harus dilengkapi sekomplit mungkin,” ujarnya lagi.

Tidak lupa Camat Ajibarang juga kembali menekankan soal ibadah yang dilakukan di rumah. Sekaligus menekankan kewajiban untuk mengenakan masker. Sebagaimana sudah di sampaikan Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein. (Admin).