Pengukuhan Tim Pengelola wisata Desa, di Balai Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Selasa (3/3) kemarin. (foto: darmakradenan doc)

Darmakradenan.desa.id; Darmakradenan– Darmakradenan kian mantap mempersiapkan langkah menuju Desa Wisata (Deswita). Keseriusan itu misalnya terlihat dari dikukuhkannya Tim Pengelola wisata Desa, Selasa (3/3) oleh Pemerintah Desa Darmakradenan.

“Keberadaan Tim Pengelola Wisata Desa sebenarnya merupakan final dari proses panjang. Bukan serta- merta. Kami harap Tim Pengelola Wisata ini mampu menjadi kepanjangtanganan pemdes untuk kelola wisata desa,” kata Kepala Desa Imam W Soleh.

Baca Juga: Potensi Wisata Darmakradenan

Imam menceritakan, sebelumnya Pemdes sudah membentuk Tim Kajian Potensi Desa saat 2019. Hasilnya adalah laporan potensi, hingga tantangan untuk mengelola dan mengembangkannya. Tim sendiri berisi wakil dari sejumlah pihak.

“Jadi Tim Pengelola Wisata Desa tinggal kerja berdasarkan temuan tim kajian. Kami sangat optimis kita semua bisa saling sinergi, dan semua untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sekretaris Desa Darmakradenan, Ahmad Miftah menambahkan bahwa Tim Pengelola Wisata Desa terdiri dari sejumlah unsur. Mulai pelaku, pengelola wisata, hingga karangtaruna dan perangkat desa. Sejumlah tokoh masyarakat juga tokoh dan pelaku budaya dan potensi desa.

“Tim Pengelola Wisata Desa ini adalah bukti dan komitmen masyarkaat untuk kemajuan desa. Semua pihak harus bahu membahu makanya komplit. Pemuda, tokoh, pelaku semuanya satu visi untuk kemajuan desa,” terangnya.

Tim Pengelola Wisata Desa sendiri dibentuk berdasakran SK. Sleanjutnya memiliki sejumlah program kerja dan langkah untuk pengembangan potensi wisata. Juga koordinasi dengan Dinas mulai kabupaten sampai provinsi. (Djt/Mift79).

Bagikan Berita