AJIBARANG- Untuk menunjang performa dan kinerja organisasi, pemerintah desa diharapkan mengoptimalkan media sosial. Pasalnya media sosial dinilai efektif untuk publikasi hingga komunikasi dengan publik.

Analis Konten Media Sosial Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Banyumas menegaskan hal itu saat Pelatihan Jurnalistik Singkat, Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Anggit Pamungkas, Kamis (12/11).

Optimalisasi media sosial dinilai penting sebagai bentuk transparansi dan keterbukaan pemerintah desa kepada masyarakat. “Media sosial seperti instagram milik pemerintah khususnya desa memang perlu terus dioptimalkan. Contohnya misalnya kenapa sekelas performa media sosial pemerintah cukup sedikit followernya (pengikutnya, red),” katanya.

Untuk mengoptimalisasikan hal ini, kata Anggit, peran dari pemerintah desa bersama masyarakat yang paham dan menguasai pengelolaan media sosial sangat diperlukan. Makanya pelatihan dan pendalaman pengetahuan tentang optimalisasi media sosial harus diintensifkan.

“Jadi kemampuan jurnalistik hingga pengelolaan media sosial yang diperankan oleh pemerintah bersama masyarakat misalkan melalui tim informasi desa ini harus terus ditingkatkan. Mengingat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini terbilang cukup pesat,” ujarnya.

Kepala Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Imam Wasingun mengatakan pemberdayaan di bidang teknologi komunikasi dan informasi untuk mendorong keterbukaan informasi publik serta promosi potensi. Apalagi saat ini Desa Darmakradenan sedang mengembangkan desa wisata.

“Selain penyiapan sarana prasarana untuk wisata dan sistem informasi desa ini, kita juga dorong untuk penyiapan sumber daya manusia pengelola wisata terutama pengelolaan media sosial. Selain pelatihan singkat ini, kita juga akan adakan pelatihan lanjutan termasuk praktik langsung pengelolaan media sosial,” jelasnya.

Bagikan Berita